Potongan Rambut Mohawk

20 Potongan Rambut Mohawk

20 Potongan Rambut Mohawk, Tampil Unik, Berani dan Percaya Diri

Potongan rambut mohawk terinspirasi oleh gaya rambut khas suku mohawk yang merupakan salah satu suku Indian di Amerika.

Beberapa kalangan lain juga mengaitkan gaya rambut ini dengan sebutan Iroquois, yang juga termasuk salah satu suku asli Amerika.

Seiring perkembangannya, gaya rambut mohawk mulai dipopulerkan dalam sebuah film Holywood yang berjudul Drums Among The Mohawk pada tahun 1939.

Selama perang dunia kedua, banyak pasukan penerjun payung Amerika Serikat dengan sengaja mencukur rambut mereka sesuai dengan gaya mohawk.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan memberikan rasa takut kepada setiap musuh yang ditemuinya.

Kemudian, pada tahun 1950-an para musisi jazz Amerika kembali mempopulerkan gaya mohawk saat tampil di berbagai tempat pertunjukan.

Mulai dari bar, pub, klub, hingga gedung kesenian semacam opera dan teater. Bagi orang-orang keturunan Pawnee di wilayah Nebraska, gaya rambut ini sangat umum digunakan sebagai model rambut.

Hubungan Mohawk Dengan Punk

Gaya rambut mohawk juga identik dan familiar di kalangan komunitas anak Punk, yang pertama kali muncul di Inggris pada tahun 1960-an.

Jika diterjemahkan dalam bahasa aslinya, Punk adalah singkatan dalam bahasa Inggris yaitu Public United not Kingdom. Dimana memiiki arti komunitas di luar kerajaan atau pemerintahan.

Punk perlahan menjadi gaya hidup dengan ideologinya sendiri. Pada tahun 1970, Inggris menetapkan pajak yang tinggi sehingga menyebabkan ketidaksetaraan sosial dan meningkatnya kejahatan, kemiskinan, dan bahkan kelaparan.

Komunitas punk yang sebagian besar terdiri dari orang-orang kelas bawah kemudian mengorganisir demonstrasi anti pemerintah.

Mereka mulai turun ke jalan dan melakukan vandalisme untuk memprotes kebijakan pemerintah. Nuansa musik mereka pun mulai kental dengan sudut pandang sosial politik.

Potongan rambut ini menyimbolkan perlawanan mereka terhadap takdir Tuhan. Selain itu, juga menggambarkan identitas sebagai kaum tertindas yang tidak menerima posisi mereka di masyarakat.

Mereka berpendapat, bahwa status sosial mereka sebagai takdir dapat diubah dan dilawan. Salah satu untuk mengatasinya mereka ekspresikan melalui musik.

Inspirasi Potongan Rambut Mohawk

Saat ini, perkembangan gaya rambut mohawk telah menyebar ke seluruh dunia. Anak musik punk dengan bangga memberikan label gaya rambut mohawk untuk mewakili genre musik itu sendiri.

Meski kebanyakan masyarakat umum melihat gaya rambut ini sebagai bentuk kenakalan dan terlihat berantakan, namun semua kembali lagi bagaimana anda membawanya.

Berikut referensi variasi 20 potongan rambut mohawk yang bisa anda jadikan inspirasi :

1. Classic Short Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Untuk memberikan gambaran singkat, potongan rambut mohawk classic melibatkan bagian samping rambut yang dicukur habis dengan rambut yang terlihat lebih panjang di bagian tengah.

Gaya rambut ini telah digunakan sebagai bentuk ekspresi diri, dan sangat berkaitan dengan punk rock.

Berdasarkan sejarah, potongan rambut mohawk pertama kali dikenakan oleh penduduk asli Amerika sebagai simbol kekuatan dan keberanian.

Model rambut ini juga menjadi andalan dari vokalis Maroon 5, yaitu Adam Levine.

2. French Crop Mohawk

Potongan rambut french crop mohawk sangat cocok untuk pria yang suka berpenampilan rebel atau emo dan hobi berolahraga.

Gaya rambut ini tidak hanya mengekspos kulit kepala dengan baik tetapi juga membuat rambut anda terlihat keren dan modis.

Untuk mendapatkan performa yang maksimal, anda bisa menambahkan jenggot atau kumis tipis untuk aksen maskulin.

Selain itu, model rambut ini juga dapat membuat keseluruhan tampilan anda terlihat fresh dan kekinian saat berkumpul bersama teman nongkrong.

3. Undercut Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Seiring berkembangnya zaman, model potongan rambut pria tentu menjadi semakin berkembang dan bervariasi.

Apalagi jika kita melihat saat ini, banyak sekali model potongan rambut yang sering dipadukan satu sama lain. Salah satunya adalah model mohawk yang dikombinasikan dengan potongan undercut.

Gaya rambut ini akan memberikan aksen tampilan anda menjadi manly dan keren. Anda juga bisa memilih potongan rambut mohawk dengan sisi yang lebih tajam, dimana itu merupakan ciri khas undercut lama.

Pada rambut bagian atas, anda dapat memberikan sedikit layer agar rambut terlihat lebih tebal. Sedangkan pada bagian samping, rambut akan dipotong habis agar kulit kepala terlihat jelas.

4. Buzz Cut Mohawk

Bagi anda yang tidak menyukai rambut panjang namun ingin mencoba model mohawk, maka potongan rambut buzz cut mohawk adalah pilihan tepat.

Gaya rambut ini bisa dikatakan pendombrak yang membuat model potongan rambut mohawk menjadi bervariasi.

Adanya perpaduan gaya buzz cut yang melekat, menjadikan model mohawk dengan potongan pendek yang memiliki kontribusi besar pada penampilan.

Anda juga bisa meminta kapster/barberman di tempat barbershop terbaik anda untuk memotong bagian atas rambut lebih pendek.

Untuk mendapatkan performa yang maksimal, potonglah area sisi rambut menjadi lebih tipis dan jangan sampai habis.

5. Short Side Mohawk

Potongan rambut side mohawk dicapai dengan memotong super tipis pada bagian samping rambut, sedangkan bagian atas dibiarkan memanjang.

Gaya rambut ini lebih mudah ditata dengan pomade, wax, atau gel rambut.

Jika rambut anda ingin terlihat lebih kharismatik, sisirlah ke arah samping seperti mega bintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

6. Mullet Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Mullet mohawk adalah perpaduan gaya dari dua potongan rambut retro populer, yaitu mohawk dan mullet.

Karena mengambil kualitas terbaik dari keduanya, pencapaiannya bisa dilihat dari potongan pendek pada bagian samping dan rambut yang memanjang di belakang. Sehingga membuat penampilan anda terlihat unik dan berani.

7. Faux Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Classic Short Mohawk terkadang sering disebut sebagai faux mohawk. Padahal jika dilihat dari hasil potongannya, keduanya terdapat perbedaan pada panjang rambut bagian atas dan potongan bagian samping.

Faux mohawk, menghasilkan rambut atas yang lebih pendek dan bagian sampingnya yang ditipiskan namun tidak dicukur sampai habis.

Ini adalah gaya yang bagus untuk orang-orang dengan rambut halus karena mereka tidak terlalu banyak membutuhkan produk penata rambut untuk menjaganya tetap tegak.

8. Fade Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Fade Mohawk adalah variasi model potongan rambut mohawk yang populer di kalangan barbershop.

Gaya rambut ini dapat bekerja dengan baik untuk semua jenis rambut, baik pada rambut lurus, ikal, keriting, tipis, maupun tebal.

Untuk mendapatkan fade mohawk, anda bisa memotong panjang rambut bagian atas menjadi pendek, medium ataupun tinggi.

Sementara, untuk bagian samping rambut tetap dipotong dengan model skin taper fade. Sehingga, aksen yang ditampilkan dari model rambut ini akan membuat anda terlihat unik dan modern.

9. Taper Fade Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Potongan rambut taper fade mohawk sangat mirip dengan fade mohawk. Bedanya hanya pada gradiasi yang dihasilkan, dimana fade biasanya menghasilkan rambut bergradiasi yang lebih pendek daripada taper.

Model rambut ini dicapai dengan melakukan potongan yang memanjang ke atas, serta sisi belakang dicukur menjadi lebih pendek.

Sementara, bagian samping rambut bisa dicukur menyesuaikan bentuk wajah untuk terlihat trendi dan keren.

10. Modern Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Potongan rambut modern mohawk tidak cocok dengan pencukuran biasa pada bagian samping.

Beberapa orang mengkombinasikannya dengan memasukkan tato rambut yang sisi-sisinya ditata dengan pola yang keren.

Untuk menyesuaikannya dengan tren modern, anda juga bisa mempertimbangkan short mohawk dengan fade atau taper di bagian samping.

Gaya rambut ini akan memberikan aksen volume rambut bagian atas yang lebih banyak, sehingga membuat penampilan anda terlihat lebih trendi.

Untuk menambah keberanian, taburkan di bagian atas dengan sedikit produk penata rambut seperti pomade atau gel rambut rambut.

11. Afro Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Tidak ada yang bisa dibandingkan untuk tekstur rambut afro ikal tebal dan sulit diatur ini.

Pemilik rambut afro banyak ditemukan di kalangan teman-teman kita yang berada di wilayah Indonesia Timur.

Meski ikal afro terlihat kuat, namun sebenarnya sangat rentan terhadap kerusakan rambut.

Oleh karena itu, bagi anda yang tidak ingin repot mengurus rambut ikal sebaiknya menggunakan model mohawk.

Menggabungkan potongan rambut afro dengan sedikit mohawk akan menciptakan tampilan yang benar-benar berani dan menonjol.

Gaya rambut ini juga akan membuat anda menjadi pusat perhatian dengan kontras dan keunikannya.

Agar terlihat lebih elegan dan keren, anda bisa tambahkan beberapa seni pada rambut seperti gambar ukiran atau garis.

12. Pompadour Mohawk

Potongan rambut mohawk yang dipadukan dengan gaya pompadour menghasilkan model rambut yang sangat maskulin.

Dimana bagian atas volumetrik yang dramatis dan bagian samping yang tidak dipangkas habis tetapi menyisakan rambut tipis yang memudar.

Agar terlihat seperti mohawk, anda bisa menyisir rambut atas kepala yang tersisa ke arah belakang.

Namun, jangan lupa untuk mengaplikasikan hairspray agar gaya ini bertahan lebih lama.

13. Long Hair Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Potongan rambut long hair mohawk memiliki banyak kesamaan dengan versi klasiknya.

Dimana bagian sampingnya dicukur, dan bagian atasnya super panjang. Tapi itu juga bisa saja berbeda seperti yang anda inginkan.

Anda dapat melestarikan tradisi bintang rock yang berani, dan memakai mohawk rambut panjang dengan menjaga sisi-sisinya meruncing serta bagian atasnya yang ramping.

14. Asian Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Di wilayah Asia, model rambut mohawk dimodifikasi sesuai dengan jenis rambut lurus yang dimiliki oleh mayoritas pria Asia.

Karena memiliki volume di bagian atas, gaya ini sangat membantu membuat wajah bulat terlihat lebih panjang.

Biasanya rambut lurus dan tebal membuatnya mudah ditata tanpa harus mencukur bagian samping rambut.

15. Wavy Mohawk

Cukurannya yang terbilang ekstrem mungkin akan membuat banyak atau beberapa orang ragu untuk mencoba gaya rambut unik ini.

Apalagi bagi anda yang tergolong memiliki jenis rambut ikal atau keriting. Padahal, volume ikal alami rambut anda dapat membuat cukuran di bagian samping terlihat tidak terlalu ekstrem.

Gaya rambut mohawk cukup mudah dirawat untuk pria berambut ikal atau keriting. Pastikan ujung rambut anda dilembabkan dengan baik agar tidak mengering.

16. Feathered Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Feathered mohawk adalah gaya rambut mohawk tanpa undercut yang ekstrem dimana hanya fokus pada penataan rambut di bagian atas.

Gaya rambut ini juga bisa disebut semi mohawk dan sempat populer pada dunia showbiz di Indonesia awal tahun 90-an.

17. Flat Top Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Potongan rambut flat top adalah model rambut mohawk dengan bagian atas rambut yang rata. Bisa dikatakan, gaya ini mirip dengan gaya rambut quiff dan yang membedakan hanyalah panjang rambutnya.

18. Permed Mohawk

Bagi anda pemilik rambut ikal pendek maupun panjang yang ingin mencoba model rambut mohawk, maka potongan rambut permed mohawk bisa menjadi inspirasi yang tepat.

Selain bisa disesuaikan dengan model rambut yang diinginkan, gaya rambut ini juga tidak memerlukan perawatan yang berlebihan.

19. Spiky Mohawk

Potongan Rambut Mohawk

Jika jiwa rebel ingin mengguncang hari-hari anda, perpaduan antara gaya rambut spiky dan mohawk ini wajib dicoba.

Hasil potongan ini mirip dengan gaya classic mohawk, namun kontrasnya memiliki rasa modernitas yang menonjolkan tulang pipi dan garis rahang anda.

Bersiaplah untuk menggunakan banyak gel, karena hanya itu yang anda butuhkan untuk mendapatkan gaya ini maksimal.

20. Messy Mohawk

Potongan rambut messy mohawk cocok untuk pria yang memiliki jenis rambut halus. Pastikan perbedaan panjang antara bagian tengah dan samping tidak terlalu drastis, karena kontras akan menyebabkan rambut halus tampak jarang.

Nah, itulah 20 variasi model potongan rambut mohawk untuk pria yang bisa anda jadikan bahan referensi.

Jangan lupa untuk selalu konsultasikan terlebih dahulu melalui kapster/barberman di tempat barbershop terbaik anda agar mendapatkan cukuran yang sesuai dengan bentuk wajah anda.

5/5 - (11 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!