Potongan Rambut Undercut

22 Potongan Rambut Undercut

22 Model Potongan Rambut Undercut, Tampil Simpel, Rapi dan Kalem

Potongan rambut undercut merupakan gaya potongan rambut yang memisahkan bagian atas rambut dengan bagian bawah rambut dan bagian samping.

Umumnya, pada bagian atas sengaja dibuat lebih tebal atau panjang. Sedangkan pada bagian samping maupun belakangnya dibuat lebih tipis atau pendek.

Supaya dapat menjaga potongan rambut ini selalu rapi, anda perlu mencukurnya setidaknya satu bulan sekali.

Hal inilah yang membuat gaya rambut undercut sedikit boros. Meski demikian, gaya rambut ini dapat menambah penampilan anda semakin rapi dan keren.

Inspirasi Potongan Rambut Undercut

Potongan rambut undercut sangat cocok untuk pria pemilik wajah dengan rahang tegas serta wajah berbentuk hati.

Selain itu, potongan rambut ini dapat membuat penampilan rahang sedikit teralihkan pada pria dengan wajah yang memiliki rahang tegas.

Kemudian, bagi pria dengan wajah berbentuk hati, potongan rambut ini bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih kalem.

Berikut referensi variasi 22 potongan rambut undercut yang bisa anda jadikan inspirasi :

1. Classic Undercut

Potongan Rambut Undercut

Classic undercut merupakan potongan rambut yang memfokuskan atau memusatkan penipisan pada bagian samping kepala. Potongan rambut ini, sangat cocok bagi anda yang memiliki rambut lurus, bergelombang, hingga keriting.

Supaya rambut pada bagian atasnya tidak terlihat tipis, maka anda bisa menggunakan mode fade dengan gradasi. Dengan adanya gradasi tersebut, akan membuat bagian atas rambut menjadi terlihat lebih sedikit.

Selain itu, potongan rambut ini juga memberikan kesan nyaman dan ringan, sehingga membuat anda mudah beraktivitas karena rambut selalu tampak rapi.

2. Buzz Cut Undercut

Potongan Rambut Undercut

Gaya rambut buzz undercut relatif mudah ditata tanpa pengering rambut atau hairdryer. Yang perlu anda lakukan cukup menggunakan sedikit pomade atau wax untuk merapikan rambut bagian atas agar tidak berantakan atau berdiri melawan arah.

Potongan rambut ini menunjukkan sisi bagian samping yang dipangkas habis. Sedangkan bagian atas dipotong pendek dan tipis, namun tetap terlihat bervolume.

Jangan lupa untuk meminta tukang cukur atau kapster anda untuk merapikan tepi rambut agar terlihat lebih rapi. Gaya rambut ini sangat populer di kalangan rapper seperti Drake, Jay-Z dan juga Eminem.

3. Two Block Undercut

Potongan Rambut Undercut

Gaya rambut two block undercut berawal dipopulerkan oleh idol K-Pop yang saat ini sedang menjadi trendsetter dunia. Karakteristik potongan rambut ini memiliki area yang terpisah.

Dimana area tersebut dapat anda lihat pada separuh bagian samping dan belakang rambut yang dipotong lebih tipis dibandingkan separuh bagian atas.

Dengan kombinasi gaya rambut two block dan undercut, akan membuat penampilan anda terlihat maskulin dan fresh. Selain itu, anda dapat mengubah gaya rambut ini dengan sesuka hati.

Contohnya untuk penampilan ala heartthrob, anda dapat membiarkan rambut terurai ke bawah membentuk poni. Namun jika anda ingin tampilan yang lebih rapi, sisirlah rambut ke atas dan rapikan dengan wax.

4. Disconnected Undercut

Ingin tampil lebih berani dan berbeda dari biasanya? anda bisa mencoba potongan rambut disconnected undercut.

Gaya rambut ini terlihat cukup nyentrik karena rambut di bagian atas penuh dengan rambut, sedangkan di bagian samping benar-benar polos tanpa efek gradasi atau fading sama sekali.

Bahkan bintang dunia sekalipun seperti David Beckham dan Brad Pitt mengenakan gaya rambut disconnected undercut.

Di saat yang bersamaan, gaya rambut ini semakin populer berkat serial TV Peaky Blinders, di mana salah satu karakter utama bernama Tommy Shelby (diperankan oleh Cillian Murphy) tampil sangat keren dengan gaya rambut disconnected undercut.

Sebagai variasi, anda bisa menata rambut bagian atas untuk menciptakan quiff agar tampilan lebih kontemporer, atau slicked back untuk tampilan yang lebih formal.

Jika anda tertarik dan penasaran dengan gaya rambut yang satu itu, cobalah untuk mengunjungi barbershop secara rutin.

5. Caesar Undercut

Potongan Rambut Undercut

Bagi anda yang menyukai street style, maka gaya rambut ini sudah tidak asing lagi, yaitu caesar undercut. Terinspirasi oleh Julius Caesar, seorang jenderal militer dan politikus di zaman Romawi.

Adapun yang membuat gaya rambut ini begitu populer adalah dapat membuat anda terlihat lebih kalem, namun tetap memancarkan kejantanan.

Selain itu, jika anda memadukan potongan rambut caesar ini dengan potongan rambut undercut, tentunya akan membuat penampilan semakin keren.

Perpaduan lain juga bisa dilakukan antara potongan rambut caesar undercut dengan disconnected undercut. Dimana hasilnya pun akan membuat anda tampil unik dan menarik.

Anda juga bisa meminta tukang cukur atau kapster untuk menambahkan aksen low fade. Gaya rambut ini bisa ditata dengan pomade atau wax untuk menambahkan tekstur pada rambut dan membuat penampilan anda tidak membosankan.

6. French Crop Undercut

Potongan Rambut Undercut

Potongan rambut french crop lebih modern dibandingkan caesar cut. Gaya rambut pria ini memiliki karakteristik bagian atas rambut yang berukuran panjang sedang dan cukup tebal serta bertekstur.

Untuk fokus pada rambut bagian atas, perlu memotong undercut agar rambut bagian bawah rapi dan tidak terlihat panjang.

Efek dramatis dari paduan tebal dan tipis akan menciptakan kontras yang nyata dan membuat anda menjadi pusat perhatian.

7. Side Part Undercut

Potongan Rambut Undercut

Model gaya rambut pria selanjutnya yang bisa anda jadikan referensi adalah side undercut. Gaya rambut ini sangat fleksibel dan tidak banyak mengeluarkan effort.

Karena saat rambut tumbuh panjang, anda bisa langsung menyisirnya ke satu sisi, baik kiri atau kanan, mengikuti bentuk wajah.

Selain itu, anda juga bisa memadukannya dengan comb over untuk tampilan yang lebih rapi. Jika anda ingin bergaya lebih kasual, sisirlah rambut ke bagian samping wajah dan semprotkan dengan hairspray secukupnya.

Potongan rambut side part undercut sangat cocok untuk pria di segala usia. Baik untuk yang masih sekolah maupun yang sudah bekerja. Selain itu, anda juga tak perlu khawatir dengan kondisi rambut yang mulai panjang.

Mengapa demikian? karena anda bisa mengubah tatanan rambut side part undercut menjadi side swept undercut.

8. Slicked Back Undercut

Potongan Rambut Undercut

Slicked back undercut adalah potongan rambut pria yang populer dimana bagian samping rambut dicukur tipis, sementara bagian atas rambut dibiarkan lebih panjang dan disisir ke belakang.

Gaya rambut ini dapat diaplikasikan ke semua pria yang memiliki rambut panjang, medium, atau pendek. Anda hanya tinggal menambahkan produk penataan rambut seperti pomade agar rambut terlihat rapi sepanjang hari.

Gaya rambut slicked back undercut memberikan aksen tampilan yang unik namun tetap profesional saat dibutuhkan. Ada beberapa variasi yang ditawarkan dari gaya rambut ini untuk anda coba.

Mulai dari potongan rambut long top dan bertekstur, V-cut di bagian belakang kepala, fading, deep side parted dan shaved design di bagian samping.

9. Quiff Undercut

Potongan Rambut Undercut

Gaya rambut ini sudah banyak digunakan oleh para pria. Namun, anda bisa melakukan perpaduan dengan gaya rambut undercut untuk tampilan yang lebih berani.

Karakteristik dari gaya rambut ini adalah kesan potongan yang rapi di bagian samping dan belakang, dengan quiff atau jambul yang bervolume di bagian atasnya.

Untuk penataan rambut, anda membutuhkan produk styling seperti pomade yang memiliki hasil finish matte dan tidak berminyak.

Cukup sisir rambut anda ke atas dengan rapi, kemudian atur panjang quiff sesuai keinginan hati. Untuk panjang quiff atau jambul, bisa disesuaikan dengan bentuk wajah.

Potongan rambut quiff undercut ini akan membuat wajah anda terlihat memiliki aura yang lebih tajam. Dan tentunya dapat menyempurnakan siluet tubuh, karena anda akan terlihat lebih tinggi.

10. Pompadour Undercut

Potongan Rambut Undercut

Apa perbedaan antara gaya rambut pompadour dan quiff undercut? Perbedaan keduagaya rambut ini terletak dari bagaimana cara styling atau penataan rambutnya.

Pada gaya rambut quiff undercut, cara menatanya cukup menyisir bagian depan rambut ke arah atas dan juga belakang. Sedangkan gaya rambut pompadour, mengharuskan semua rambut disisir ke arah atas dan belakang.

Gaya rambut ini lebih cocok untuk anda yang berwajah bulat atau persegi. Karena efeknya sendiri bisa membuat wajah anda terlihat lebih panjang dan proporsional.

Sama halnya dengan quiff, anda juga perlu memastikan bahwa produk styling yang digunakan tidak meninggalkan efek glossy atau shiny dan tidak berminyak.

Tujuannya adalah agar gaya rambut pompadour yang anda aplikasikan bisa tahan seharian. Selain itu, anda juga bisa menatanya dengan hair dryer untuk menambah volume pada rambut.

11. Man Bun Undercut

Apakah ada yang pernah mendengar, bahwa potongan rambut man bun undercut hanya bisa dilakukan jika rambut sudah panjang sebahu? Itu adalah kesalahan besar. Anda tetap bisa tampil keren dengan memakai man bun yang dipadukan dengan gaya undercut.

Gaya rambut ini menjadi salah satu gaya rambut khas Zayn Malik. Untuk mendapatkan gaya rambut ini, anda hanya perlu meminta tukang cukur atau kapster memotong rambut dengan bagian atas rambut lebih panjang dan tebal.

Kemudian, segera ikat rambut dengan membentuk man bun atau top knot dengan kunciran. Selain itu, anda juga bisa menambahkan efek linier atau garis pada bagian undercut agar terlihat lebih menarik.

Kreasikan juga gaya rambut man bun ini dengan pola membentuk cepolan yang unik. Bahkan ketika rambut anda cukup panjang, bisa memadukan gaya rambut man bun dengan french braid.

Saran untuk anda yang ingin mengaplikasikan gaya rambut ini, ingatlah untuk memangkas ujung rambut secara teratur agar rambut tidak terurai dan terlihat kering saat dicepol.

12. Faux Hawk Undercut

Potongan Rambut Undercut

Tentunya bagi anda yang mengaku sebagai penggemar sepak bola, gaya rambut faux hawk undercut ini sudah tidak asing lagi. Potongan rambut ini pernah dipopulerkan oleh pemain bintang sepak bola dunia, yakni Neymar dan Cristiano Ronaldo.

Tampilan gaya rambut ini membuat anda terlihat lebih macho namun tidak membosankan. Selain itu, perpaduan gaya undercut yang diaplikasikan juga membuat bagian atas rambut terlihat lebih tinggi. Ini semakin meningkatkan penetrasi faux hawk ke rambut anda.

Manfaat atau keunggulan model rambut ini adalah sangat mudah untuk dibentuk atau ditata. Anda tinggal mengoleskan pomade, lalu ratakan di telapak tangan dan langsung menyisir rambut sambil mengangkat bagian atas rambut dengan tangan untuk membuat faux hawk.

Tetapi anda harus memahami, bahwa faux hawk dan quiff atau pompadour adalah berbeda. Ciri khas dari fake hawk undercut adalah ujung rambut yang dibuat lancip seperti gaya rambut mohawk.

Selain menggunakan pomade, anda juga bisa menggunakan hair gel untuk mendapatkan tatanan rambut yang tahan lama.

13. Layered Undercut

Ketika berbicara tentang potongan rambut yang modis, gaya rambut layered undercut adalah yang pertama ada di pikiran. Gaya rambut ini dapat bekerja pada pemilik rambut tebal maupun tipis.

Tidak hanya itu, apakah anda memiliki rambut lurus, rambut keriting atau bergelombang? Potongan rambut ini sangat cocok untuk semua jenis rambut.

Jika anda memiliki rambut tipis, maka potongan rambut ini mungkin akan menjadi pilihan pertama karena menambah kedalaman yang indah pada rambut tipis anda sehingga terlihat tebal.

14. Comb Over Undercut

Potongan Rambut Undercut

Comb over adalah cara menata rambut pria dengan menyisir ke arah samping atas. Potongan rambut ini mirip dengan gaya rambut side part atau biasa dikenal belah pinggir.

Perbedaannya adalah, comb over terlihat lebih kasual dan tidak terlalu menunjukkan perbedaan panjang rambut yang kontras.

Gaya rambut pria jenis ini sering dipadukan dengan undercut. Satu hal yang membuat potongan rambut ini semakin populer adalah sering digunakan oleh para pemain sepak bola. Untuk menata rambutnya hanya membutuhkan pomade atau wax.

15. Mohawk Undercut

Potongan Rambut Undercut

Potongan rambut mohawk undercut ini akan terlihat sangat keren pada anda yang berjiwa bebas.

Karakter mohawk dibentuk dari rambut yang sengaja dibiarkan panjang pada bagian atas, dan dicukur pendek pada bagian samping kanan dan kiri.

Menambahkan beberapa gaya dengan hairspray akan menciptakan mohawk yang lebih rapi dan keren.

16. Faded Undercut

Potongan Rambut Undercut

Faded undercut adalah salah satu gaya rambut unik yang dicapai dengan pemotongan rambut pada bagian samping dan belakang. Salah satu bentuk faded undercut adalah high fade.

High faded undercut menciptakan tampilan elegan dengan kontras di bagian atas dan samping. Keunggulan lain dari model rambut ini adalah tidak membutuhkan perawatan ekstra dan cocok untuk anda yang malas menata atau menyisir rambut.

Namun, aksen yang dihasilkan tetap terlihat tampan dan berkelas.

17. Spike Undercut

Berbeda dengan gaya rambut faux hawk, gaya rambut spiky memiliki karakteristik ujung rambut yang dibentuk pola lancip ke arah atas. Sangat cocok untuk anda yang memiliki wajah chubby.

18. Fringe Undercut

Gaya rambut undercut untuk pria ini agak mirip dengan gaya rambut caesar undercut. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan yang mendasar. Gaya rambut fringe undercut biasanya lebih panjang dari caesar undercut.

Biarkan rambut anda dipotong hingga menutupi seluruh dahi. Sementara bagian samping dan belakang dapat ditipiskan. Gaya rambut ini sangat cocok untuk anda yang memiliki wajah cukup panjang seperti diamond atau oval.

Tidak hanya itu, wajah anda pun akan terlihat lebih muda dengan gaya rambut ini. Banyak orang berpikir, bahwa gaya rambut undercut dengan fringe membuat pria berkacamata terlihat lebih menarik. Untuk menatanya, anda bisa menambahkan tekstur dengan pomade atau wax.

19. Hidden Undercut

Bagi yang ingin tampil unik, anda bisa mencoba gaya rambut hidden undercut. Karakteristik potongan rambut jenis ini biasanya menutupi bagian undercut belakang kepala dengan rambut panjang. Jadi, undercut baru pasti akan terlihat saat anda mengikat rambut.

20. Curly Undercut

Potongan Rambut Undercut

Gaya rambut undercut juga bisa diaplikasikan kepada pemilik rambut keriting. Model undercut ini sangat digemari karena tidak hanya terlihat lebih keren, tapi juga bisa menjadi pilihan bagi pria yang kesulitan menata rambut.

Seperti yang kita ketahui bersama, rambut keriting memiliki banyak volume, memiliki efek mengembang, dan terkadang terlihat kusut jika tidak ditata dengan baik. Jika hal itu terjadi kepada anda, segera pergilah ke barbershop dan mintalah potongan undercut.

Penampilan gaya rambut ini dicapai dengan melakukan pemotongan rambut pada bagian samping dan belakang. Sehingga volume rambut keriting akan terkonsentrasi di bagian atas kepala.

Tentunya gaya rambut ini dapat membuat rambut keriting anda terlihat lebih keren dan rapi serta membuat wajah anda terlihat lebih segar.

21. Crew Cut Undercut

Potongan rambut crew undercut memiliki karakteristik dimana bagian atas rambut memiliki panjang yang sama atau rata, dengan bagian sisi samping yang pendek. Dan biasanya bagian depan dan poni ditata ke atas.

22. Line Undercut

Potongan rambut undercut pria ini dapat dipadukan dengan skin rambut keren dengan aksen garis yang terdapat pada sisi samping maupun belakang.

Apabila masih ragu untuk melakukan kombinasi dengan garis, anda bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan hairstylist mengenai gaya atau aksen garis sesuai dengan bentuk kepala serta model rambut undercut pilihan anda.

Ada juga yang menggunakan aksen garis di bagian samping yang sangat tipis.

Kelebihan Potongan Rambut Undercut

Bila anda bandingkan dengan gaya rambut lainnya, undercut memiliki sejumlah kelebihan. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Lebih Mudah untuk Ditata

Potongan rambut ini mudah dalam penataannya. Bahkan, anda hanya perlu memadukannya dengan pomade yang tepat.

Kelebihan ini, tentunya sangat menguntungkan anda dari segi waktu. Apalagi, jika sedang dalam kondisi maupun situasi terburu-buru, anda hanya perlu memberikan beberapa sentuhan, setelah itu rambut akan tampak rapi.

Saat ini, sudah banyak model rambut undercut yang bisa anda jadikan inspirasi. Sebab itulah, anda bisa mencari berbagai macam referensi model yang sedang trendy atau modis.

Dengan begitu, perawatan dan penataan rambut bisa semakin maksimal dan sempurna.

2. Mudah dalam Memberikan Perawatan

Potongan rambut undercut, juga memiliki perawatan yang sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan cara dan langkah yang sederhana saja.

Karena kondisi rambut yang tipis, memudahkan anda saat mencucinya. Selain itu, saat anda keramas, maka air, shampoo, maupun vitamin bisa menyentuh kulit kepala secara menyeluruh.

Dengan kata lain, potongan rambut ini bisa menjaga kesehatan kulit kepala anda.
Alhasil, rambut akan semakin terawat dan sehat.

Kulit kepala pun juga terhindar dari berbagai masalah, seperti ketombe hingga berminyak.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Berpenampilan

Kelebihan lainnya dari potongan rambut undercut yakni membuat anda semakin percaya diri. Pasalnya, tidak hanya potongan rambut yang keren saja, akan tetapi juga rambut yang lebih bersih dan sehat.

Itulah penjelasan tentang potongan rambut undercut, mulai dari karakteristik, kelebihan, hingga contoh potongan rambut yang bisa anda jadikan inspirasi.

Untuk mendapatkan hasil potongan yang maksimal, anda bisa pergi ke barbershop terbaik di area terdekat tempat tinggal anda.

5/5 - (13 votes)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!